Sunday, August 30, 2009

"Qawali" Musik Sufi Tradisional dari India-Pakistan



"QAWALI" adalah musik sufi Muslim tradisional yang dilakukan terutama di Pakistan dan India. Tradisi seni ini di India / Pakistan, berdasarkan seseorang dari masa lalu yang dihormati sebagai sufi di india India, Amir Khusrau Dehelvi, yang menulis ayat-ayat untuk Qawali dan menyusun penafsiran musik yang masih sangat populer sampai hari ini. Namun, akar dari seni qawali muncul kembali ke Persia pada abad ke-8 di mana bentuk-bentuk awal yang dilakukan sebagai bagian dari sufi "Sema" ritual. The Sema adalah sebuah ritual penting dalam doa dan meditasi, umum untuk semua sekolah sufi. Hal ini dilakukan dalam berbagai cara; berputar-putar, bernyanyi, menyanyi dan bermain musik di instrumen musik khusus seperti "ney" (buluh seruling), semuanya merupakan bagian dari upaya Sufi untuk mencari, dan menempa, koneksi langsung dengan Ilahi , dan mencapai keadaan ekstase spiritual. Qawali adalah salah satu media dari pencarian ini. Penekanannya adalah pada ayat-ayat dan makna-makna tersembunyi , bukan hanya dari seni musiknya

Pada abad ke-13, Amir Khusrau, seorang penggemar sufi dari tarekat Chisthi, membentuk Qawalli dengan menggabungkan akar seni Persia dan dialek India dlam tradisi musik. Seorang murid Nizam-uddin Khawaja Aulia, salah satu dari banyak orang-orang sufi di India Utara telah menyebarkan ide-ide dan ajaran mereka yang berasal dari dunia Islam yang cukup jauh seperti Persia, Asia Tengah dan Turki. Nizamuddin sendiri lahir di Badayun dan melakukan perjalanan pada usia dua puluh di mana akan menjadi murid dari Baba Fariduddin Ganj-e-Shakkar dan kemudian menjadi penggantinya. Ini adalah masa eksplorasi ide dan mencari pengetahuan. Ada gelombang besar dan gerakan di seluruh Asia oleh para guru, ulama, rahib, sufi dan filsuf yang bepergian ke banyak tempat bertukar pikiran dan berbagi ajaran. Gerakan ini difasilitasi oleh perdagangan yang kuat yang dilakukan melalui jalur
sutra.

Ide-ide dan ajarannya yang unik sebagaimana mereka tidak terbatas di satu dogma keagamaan yang ketat, tetapi prinsip-prinsip yang terkandung didalamnya dan keterbukaan. Penekanannya adalah pada tata pemerintahan yang baik, kewarganegaraan, ketinggian moral dan spiritual melalui meditasi dan perbuatan baik.


Qawalli adalah suatu bentuk populer yang penuh dihormati dalam pencurahan nyanyian dengan jiwa sufinya, berakar pada kepercayaan akan universalitas dan kesatuan dari semua, selain itu jg dapat dinikmati oleh orang-orang dari banyak keyakinan agama di Asia Selatan. Salah satu yang membawa seni ini ke Dunia Barat adalah seorang seniman dari Pakistan yaitu Qawal Nusrat Fateh Ali, yang merintis dan cukup popular di Amerika Utara dan Eropa. Hari ini ada banyak pecinta Qawali di seluruh dunia dan popularitasnya yang terus bertambah. semuanya tumbuh dan berbunga dengan pesan pentingnya yaitu toleransi universal, cinta, dan inklusif yang terkandung dalam liriknya, yang sangat menarik bagi orang-orang di seluruh dunia.

BySufiroad

3 comments:

M.A.Uswah said...

Assalamualaikum, dari Malaysia. Blog yang bagus & bermanfaat. Banyak biografi ulama sufi terdapat di sini. Teruskan usaha akhi.

M.A.Uswah said...

Blog saya, http://tamanulama.blogspot.com

LOWONGAN HHRMA said...

makasi boss infonya...