Friday, November 21, 2008

SYEKH YUSUF AL MAKASARI


Syekh Yusuf berasal dari keluarga bangsawan tinggi di kalangan suku bangsa Makassar dan mempunyai pertalian kerabat dengan raja-raja Banten, Gowa, dan Bone. Syekh Yusuf sendiri dapat mengajarkan beberapa tarekat sesuai dengan ijazahnya. Seperti tarekat Naqsyabandiyah, Syattariyah, Ba'alawiyah, dan Qadiriyah. Namun dalam pengajarannya, Syekh Yusuf tidak pernah menyinggung pertentangan antara Hamzah Fansuri yang mengembangkan ajaran wujudiyah dengan Syekh Nuruddin Ar-Raniri dalam abad ke-17 itu.

Syekh Yusuf sejak kecil diajar serta dididik secara Islam. Ia diajar mengaji Alquran oleh guru bernama Daeng ri Tasammang sampai tamat. Di usianya ke-15, Syekh Yusuf mencari ilmu di tempat lain, mengunjungi ulama terkenal di Cikoang yang bernama Syekh Jalaluddin al-Aidit, yang mendirikan pengajian pada tahun 1640.


Syekh Yusuf meninggalkan negerinya, Gowa, menuju pusat Islam di Mekah pada tanggal 22 September 1644 dalam usia 18 tahun. Ia sempat singgah di Banten dan sempat belajar pada seorang guru di Banten. Saat ia mengenal ulama masyhur di Aceh, Syekh Nuruddin ar Raniri, melalui karangan-karangannya, pergilah ia ke Aceh dan menemuinya.

Setelah menerima ijazah tarekat Qadiriyah dari Syekh Nuruddin, Syekh Yusuf berusaha ke Timur Tengah. Beliau ke Arab Saudi melalui Srilanka.

Di Arab Saudi, mula-mula Syekh Yusuf mengunjungi negeri Yaman, berguru pada Sayed Syekh Abi Abdullah Muhammad Abdul Baqi bin Syekh al-Kabir Mazjaji al-Yamani Zaidi al-Naqsyabandi. Ia dianugerahi ijazah tarekat Naqsyabandi dari gurunya ini.

Perjalanan Syekh Yusuf dilanjutkan ke Zubaid, masih di negeri Yaman, menemui Syekh Maulana Sayed Ali. Dari gurunya ini Syekh Yusuf mendapatkan ijazah tarekat Al-Baalawiyah. Setelah tiba musim haji, beliau ke Mekah menunaikan ibadah haji.

Dilanjutkan ke Madinah, berguru pada syekh terkenal masa itu yaitu Syekh Ibrahim Hasan bin Syihabuddin Al-Kurdi Al-Kaurani. Dari Syekh ini diterimanya ijazah tarekat Syattariyah. Belum juga puas dengan ilmu yang didapat, Syekh Yusuf pergi ke negeri Syam (Damaskus) menemui Syekh Abu Al Barakat Ayyub Al-Khalwati Al-Qurasyi. Gurunya ini memberikan ijazah tarekat Khalwatiyah setelah dilihat kemajuan amal syariat dan amal Hakikat yang dialami oleh Syekh Yusuf.

Melihat jenis-jenis alirannya, diperoleh kesan bahwa Syekh Yusuf memiliki pengetahuan yang tinggi, meluas, dan mendalam. Mungkin bobot ilmu seperti itu, disebut dalam lontara versi Gowa berupa ungkapan (dalam bahasa Makassar): tamparang tenaya sandakanna (langit yang tak dapat diduga), langik tenaya birinna (langit yang tak berpinggir), dan kappalak tenaya gulinna (kapal yang tak berkemudi).

Cara-cara hidup utama yang ditekankan oleh Syekh Yusuf dalam pengajarannya kepada murid-muridnya ialah kesucian batin dari segala perbuatan maksiat dengan segala bentuknya. Dorongan berbuat maksiat dipengaruhi oleh kecenderungan mengikuti keinginan hawa nafsu semata-mata, yaitu keinginan memperoleh kemewahan dan kenikmatan dunia. Hawa nafsu itulah yang menjadi sebab utama dari segala perilaku yang buruk. Tahap pertama yang harus ditempuh oleh seorang murid (salik) adalah mengosongkan diri dari sikap dan perilaku yang menunjukkan kemewahan duniawi.

Ajaran Syekh Yusuf mengenai proses awal penyucian batin menempuh cara-cara moderat. Kehidupan dunia ini bukanlah harus ditinggalkan dan hawa nafsu harus dimatikan sama sekali. Melainkan hidup ini harus dimanfaatkan guna menuju Tuhan. Gejolak hawa nafsu harus dikuasai melalui tata tertib hidup, disiplin diri dan penguasaan diri atas dasar orientasi ketuhanan yang senantiasa melingkupi kehidupan manusia.

Hidup, dalam pandangan Syekh Yusuf, bukan hanya untuk menciptakan keseimbangan antara duniawi dan ukhrawi. Namun, kehidupan ini harus dikandungi cita-cita dan tujuan hidup menuju pencapaian anugerah Tuhan.

Dengan demikian Syekh Yusuf mengajarkan kepada muridnya untuk menemukan kebebasan dalam menempatkan Allah Yang Mahaesa sebagai pusat orientasi dan inti dari cita, karena hal ini akan memberi tujuan hidup itu sendiri.

Sumber : Dari berbagai Sumber

10 comments:

CUTE said...

ass...saya pengamal tarekat siti jenar kagum dengan isi blog anda yg banyak memberi ilmu untuk pencari nya...sukses terus

zezz said...

Wassalamualaikum..
mudah2an kita bisa sama2 terus belajar dan berbagi ilmu. sy termasuk yang belum mengerti akan tarekat siti jenar.. mungkin sekiranya kl anda berkenan berbagi.. Syukron

Anonymous said...

saya mengerti syekh yusuf dr tetangga saya.dia adalah pengikut thareqat syekh yusuf yatu 5 thareqat di jadikan 1 dan saya baru saja membaca buku karangan saliknya yg bernama syekh ahmad dan menurut saya bukunya sangat bagus.

zezz said...

Assalamualaikum..
5 tarekat dijadikan satu.. bisakah antum sebutkan..?
mengenai buku yg antum baca, sekiranya berkenan, bolehkah kita sharing apa judulnya, dan dimana bisa mendapatkannya

Syukron

ahmad said...

SAYA ADALAH SALAH 1 SALIK THAREQAT TAJ' AL-KHALWATIYAH WA SAMANIYAH.YAITU QADIRIYAH.NAQSYABANDI.KHALWATIYAH.SYATTARIYAH.BA'ALAWIYAH DAN SAMANIYAH DI JADIKAN.ITULAH AJARAN SYEIKH YUSUF DAN BUKUNYA ITU KHUSUS HANYA UNTUK SALIK TAJ' AL-KHALWATIYAH.

zezz said...

Syukron dah berkunjung ke blog ini, sebenarnya cukup menarik untuk mengetahui penggabungan 5 tarekat ini. tp sayang skali ga bisa di share ya bukunya. tp kira2 adakah salik lain di jakarta yg mungkin bisa untuk berbagi ilmu..

Wassalam.

ahmad said...

oh saya tidak tau kalo di jakarta.karna saya berdomisili di sidoarjo.syukron telah membalas pesan saya.

fatahillah said...

luar bisa, perkenlkan saya pengunjung baru di blog anda. Saya pecinta tasawuf beserta seluk beluknya. Dan kali ini kita bisa shering sobat. selamat berkarya.

Unknown said...

Assalamu alaikum wr.wb. Bolehkah Kami berguru??
Mohon jwbannya..
Trim'z...

Unknown said...

Ijin nyimak....