Tuesday, November 17, 2009

Ibn Arabi's Thursday Morning Prayer


Bismillahirrohmanirrohim
Ini adalah kutipan dari Al-Awrad al-Yawmiyya (awrat Harian Shalat) Syekh Muhyiddin Ibn al-Arabi (1165-1240 Masehi). yang diterjemahkan oleh Pablo Beneito dan Stephen Hirtenstein in engglish, Anqa Publishing 2000.
Karya-karya Ibnu Arabi yang dikenal sebagai karya yang kompleks. Do'anya adalah Do'a yang tidak biasa, ini sarat dengan mutiara haqiqah dan makrifah. Bahkan, untuk benar-benar bisa mengerti doanya harus terlebih dahulu mengerti tauhid di tingkat tinggi. Meskipun demikian, saya coba menerjemahkan mujajat doa beliauagar kita bisa memperoleh manfaat dari Sheikhul ini al-Akbar, bi-iznillah
--------------------------------------------------------------------------

Ya Allah, Engkau Berdiri diDzat-Mu sendiri; meliputi dengan semua KualitasMu; Terungkap melalui NamaMu; terwujud dalam tindakan-tindakanMu, dan tersembunyi berdasarkan apa yang hanya diketahui Oleh Mu! Engkau Esa dan Mulia, sebagaimana Engkau adalah Satu, yang Unik, dan tak ada yang menyamaiMu, sebagaimana Engkau tetap bertahan dalam keabadian tanpa awal atau akhir. Engkau,Engkau adalah Tuhan, yang berdasarkan Penyatuan adalah Hanya Satu dimaksud dalam iyyaka na'budu. Dengan Kau di sana tidak ada yang lain dari Kau; pada Engkau tidak ada yang lain Kecuali Engkau
Aku bertanya tentang Engkau, ya Allah, untuk penihilan didalam eksistensiMu, dan untuk subsisten melalui Engkau, bukan dengan Engkau. Tidak ada Tuhan selain Engkau!

Ya Allah, Sesungguhnya Engkau adalah ada, sedangkan aku pada dasarnya tidak ada. Subsistensi Engkau berdasarkan hakikat Mu; aku hanyalah sebuah kebetulan. Jadi, Tuhan, Sungguh Maha sempurna Engkau atas dasar ketidak adaan aku, sungguhpun bahwa aku dapat menjadi seperti aku adalah tidak sama sekali, dan Engkau adalah seperti Engkau, sebagaimana Engkau telah ada! Tidak ada Tuhan selain Engkau!

Engkau adalah Yang menyelesaikan apa pun yang Engkau inginkan, sementara aku seorang pelayan untuk Engkau, salah satu di antara beberapa dari para pelayan Mu. Allahku, Engkau Maha Berkehendak dan Engkau telah berkehendak melalui aku - dengan demikian aku adalah kehendakmu dan Engkau adalah Maha Berkehendak. Tidak ada Tuhan selain Engkau!

Ya Allah, Engkau adalah yang tersembunyi dalam semua yang gaib; nyata dalam setiap realitas ; terdengar di setiap tempat, baik itu benar atau salah; dikenal di tingkat Persatuan dan Duality. Anda adalah Satu nama oleh Nama-nama yang telah dibawa turun melalui wahyu, sehingga Anda terselubung dari terlihat oleh mata, dan tersembunyi dari yang ditangkap oleh indra

Ya Allah, seberapa sering aku menangis kepada Mu sebagai hamba yang meminta, ketika (dalam kebenaran) Engkau adalah Tempat Meminta untuk orang yang meminta. Seberapa sering saya diam-diam berbisik kepada-Mu sebagai orang yang mengadu kedekatan kepadaMu, Engkau adalah Tuhan tempat semua makhluk mengadu kepada Mu
Ya Allah, jika persatuan adalah inti dari keterpisahan, dan kedekatan jiwa yang sangat jauh, jika pengetahuan menjadi situs kebodohan, apa kemudian tujuan dan di mana titik awal dari jalan menuju Mu?

Ya Allah, Engkau adalah apa yang dicari di balik tujuan setiap pencari, Pengetahuan yang diakui di mata para penolakMu, Sungguh dekat dengan orang-orang yang memisahkan diri dari Mu. Namun di sini pemahaman telah salah arti- siapa yang menjauhkan dari siapa? Yang disukai oleh siapa? Kecantikan berkata, "Kau sendiri", sementara kehinaan nerkata "Dia yang membuat baik dan indah semua yang Dia telah ciptakan". Yang pertama yang berakhir pada perjalanan yang datang dan berhenti, dan yang terakhir adalah cadar yang membayangkan ada yang lain (selain Anda).

Ya Allah, ketaatanku tidak menguntungkan Mu, ketidaktaatanku juga tidak membahayakan Mu. Di tangan Mahakuasa Mu terletak Kedaulatan perintah hati dan jiwaku, dan untuk Mu aku kembalikan seluruh urusan, tanpa membedakan antara taat atau tidak taat

Ya Allah, untuk Engkau bukti rasional tidak membenarkan Mu, atau bukti logis memverifikasi MuYa Allah, Apakah ini "Kau" dan "aku"Apakah ini "Dia (lk) dan "dia(pr)

Ya Allah, seharusnya aku mencari mu dalam pluralitas atau dalam kesatuan? Berapa lama aku harus menunggu untuk Mu? Dan bagaimana hal ini dapat dilakukan ketika seorang hamba tidak memiliki kesiapan maupun dukungan tanpa Mu?

Ya Allah, subsistensiku melalui Mu terletak pada penihilan diriku, dari diriku sendiri, atau dari Mu melalui Engkau? Apakah dengan demikian pemusnahan diwujudkan melalui Mu, atau membayangkan melalui saya, atau sebaliknya, atau bahkan keduanya sekaligus? Dan apakah subsisten-ku sama dengan Mu?

Ya Allah, Kebisuanku adalah sebuah keharusan kekeluan dan ketulian, dan berbicara adalah sebuah keharusan kekeluan dan ketulian! Kebingungan dalam semua, namun tidak ada kebingungan (kepada-Mu)

Dalam Nama Tuhan, Tuhanku adalah Allah. Dalam Nama Tuhan, Allah sudah cukup bagiku. Dalam Nama Tuhan, itu adalah oleh Allah. Dalam Nama Tuhan, aku menempatkan kepercayaan pada Allah. Dalam Nama Tuhan, aku minta Allah. Dalam Nama Tuhan, tidak ada kekuasaan atau kekuatan menabung melalui Allah.

ya Allah, kepadamu kami tempatkan kepercayaan kami, untuk Mu kami berpaling; untuk Mu kami kembali
Ya Allah, aku meminta Anda untuk memberikan saya misteri dari perintahMu dan kemegahan Keputusan Mu; dari yang merangkul semua yang bisa memahami Pengetahuan Mu, dari semua hak-hak istimewa dalam kebijaksanaanmu; dan dari Kemahadahsyatan kekuatanmu

Ya Allah, ya Allah, ya Allah! O yang Pertama, O yang Terakhir! O yang Ada, O yang tersembunyi ! O yang maha menerangi, O Kebenaran, ! Ya Allah, yang membedakan rahasia hatiku dengan rahasia Keesaan-Mu! Menyucikan jiwaku dengan ayat-ayat dikuduskan Mu! Memurnikan hatiku dengan pengetahuan murni didalam singgasanaMu!

Ya Allah, instruksikan intelek ku dalam PengetahuanMu, dan aroma jiwaku dengan kebaikan MuliaMu! Yakinkan aku dengan memperluas menerangi indra sinar dari kehadiran-Mu

Ya Allah, pindahkan aku dari tangga menurun sebagai makhluk ciptaanMu kedalam kepada cahaya dalam Realitas KebenaranMu. Kau adalah Teman dan Master ku: kepada-Mu aku mati dan dari Kau Aku hidup. Engkau lah tempat ku memmuja dan memohon perlindungan
Lihatlah aku, ya Allah, mudah2an Engkau berkenaan mengatur semua tahapan perkembangan yang harmonis, dan dari Mu Kau sucikan batin rahasia hati di mana aku hidup, di mana Engkau menaikkan roh zikir ku ke Majelis Tertinggi, dan dimana engkau menerangiku dengan cahayamu.
Ya Allah, jauhkanlah aku dari seluruh ciptaan-Mu dan persatukanlah aku dalam spiritualMu.

Ya Allah, KepadaMu aku berpaling untuk meminta bantuan; KepadaMu Aku palingkan wajahku ; kepada Mu aku meminta, dan Engkau, dan tidak ada selain Engkau, bahwa aku sungguh-sungguh menginginkan Mu! Aku tidak meminta dari Anda selain dari Engkau, aku juga tidak meminta dari Anda apa pun selain Anda sendiri!

Ya Allah, aku mohon kepadamu sebagai tempatku memohon, melalui syafaat mu, yang paling mulia, yang terdekat tercinta, teman yang paling pelindung, Muhammad umat pilihan, yang tenang benar-benar murni dan setuju untuk (oleh Allah), melalui nabi Muhammad yang Kau pilih. Bagi dia aku bertanya bahwa Engkau memberkati dia dengan Berkat yang kekal abadi tanpa awal atau akhir, yang terus-menerus memberkahi. sedemikian rupa sehingga Engkau membuat aku menyaksikan realitas kesempurnaan-Nya, Tidak ada kekuasaan atau kekuatan tersimpan melainkan melalui keAgunganMu, Yang Maha Tinggi, aku memuji Mu, Tuhan dari seluruh alam

.___________________________________________________________
* Purchase 'The Seven Days of the Heart' from Anqa Publishing (£13.95)
* New from Anqa: 'The Four Pillars of Spiritual Transformation' - Ibn 'Arabi's Hilyat al-abdal, on the value of silence, seclusion, hunger and vigilance.
* lisanaldin.blogspot.com

No comments: