Friday, June 10, 2011

Sufi Road : Profile Syeikh Hisyam Kabbani


Syekh Kabbani adalah salah satu dari ulama-ulama dunia ternama dalam sejarah Islam dan ilmu spiritual Sufisme. Sebagai deputi dari mursyid Tarekat Naqsybandi Haqqani, Syekh Kabbani juga merupakan pembimbing dan guru bagi sekitar 2 juta Muslim di seluruh dunia, khususnya di Amerika Serikat, Inggris dan Asia Tenggara.

Pendidikan
Sarjana Kimia dari American University of Beirut, Lebanon.
Studi Kedokteran di Louvain, Belgia.
Gelar dalam Syariah Islam, Damaskus, Suriah.
Ijazah untuk mengajar, membimbing dan memberi nasihat kepada murid-murid dalam spiritualitas Islam dari Syekh Muhammad Nazim Adil yang ternama, pemegang otoritas Mazhab Fiqh Hanafi di Timur Tengah dan pemimpin dunia dari Tarekat Naqsybandi Haqqani.

Posisi Sekarang
Ketua, Islamic Supreme Council of America
Ketua, Naqshbandi Haqqani Sufi Order of America
Ketua, As-Sunnah Foundation of America
Pendiri, Sufi Muslim Council UK dan Center for Spirituality and Cultural Advancement UK

Pencapaian Utama
Mendirikan 23 Zawiyah sebagai pusat kegiatan untuk mempelajari ajaran Sufi di Amerika dan Kanada.
Mendirikan Islamic Supreme Council of America, sebagai organisasi keagamaan yang didedikasikan untuk menyebarluaskan materi yang bersifat informatif mengenai Islam dan mempresentasikan pandangan Islami yang autentik dari para ulama mengenai urusan-urusan duniawi.
Mendirikan As-Sunna Foundation of America untuk mengembangkan, menerbitkan publikasi Islam klasik, dan menyelenggarakan konferensi untuk menyediakan pendidikan Islam klasik.
Bekerja dengan erat bersama pemerintah dan masyarakat di Malaysia, Indonesia, dan Singapura untuk mengembalikan praktik-praktik Sufi tradisional dan mencegah meningkatnya kaum radikal dalam agama di daerah terkait.
Menjadi ketua dalam konferensi International Islamic Unity Conference, konferensi kedua ini berlangsung dengan sangat sukses di Washington, DC antara 7-9 Agustus 1998.

Publikasi
Buku
Classical Islam and the Naqshbandi Sufi Tradition, 840 halaman. Memaparkan secara detail tentang tradisi Tarekat Sufi Naqsybandi dari Islam klasik.
The Approach of Armageddon? An Islamic Perspective, 294 halaman. Memaparkan tentang perspektif Islam mengenai ilmu dan teknologi dan prediksi kenabian mengenai akhir zaman dan Hari Perhitungan.
Encyclopedia of Islamic Doctrine – Merupakan hasil penelitan dan penulisan selama 5 tahun, 1500 halaman, 7-volume, masing-masing mendeskripsikan akidah Islam menurut pendekatan klasik dari mazhab yurisprudensi utama dan akidah Islam.
The Naqshbandi Sufi Way: History and Guidebook of the Saints of the Golden Chain
Encyclopedia of Muhammad's Women Companions.
Angels Unveiled – pandangan modern tentang subjek tradisional.

Artikel
(judul-judul lain juga tersedia di website www.islamicsupremecouncil.org)
Understanding Sharia - Islamic Law from the classical Islamic perspective (Memahami Syariah—Hukum Islam dari perspektif Islam klasik)
Islam & Democracy (Islam dan Demokrasi)
Jihad: A Misunderstood Concept from Islam (Jihad: Konsep Islam yang Salah Dipahami)

Kunjungan ke Indonesia
Seykh Kabbani telah melakukan kunjungan ke Indonesia sejak tahun 1997 dan sejak saat itu, hampir setiap tahun beliau secara reguler berkunjung ke Indonesia.

April 1997:
Bertemu Rais ‘am Jam’iyyah Ahlith Thariqah al-Mu’tabarrah an-Nahdliyyah, K.H. Idham Khalid
Bertemu Ketua MUI, K.H. Dr. Muhammad Ali Yafie dan Dr. Achmad Mubarok

Desember 1997:
Mengunjungi Pesantren Al-Bidayah Cangkorah, Jawa Barat, pimpinan K.H. Yayat Ruchiat Sirodj.
Bertemu dengan tokoh intelektual, termasuk Prof.Dr. Achmad Baiquni, kepala Batan dan Dr. Jalaludin Rakmat, seorang pakar komunikasi dari Unpad yang juga aktif berdakwah di jalur Islam tradisional.

Oktober 2000:
Bertemu Presiden RI, K.H. Abdurrahman Wahid (Gusdur) yang juga ketua The World Conference on Religion and Peace, WCRP)
Bertemu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr.Yahya Muhaimin
Melakukan siaran langsung siraman rohani di TV Indosiar yang dipandu oleh Ustadz Wahfiudin
Bertemu K.H.Nur Iskandar SQ, pimpinan Pesantren Ash-Shiddiqiyah
Melakukan kunjungan ke Pesantren At-Taufiqy di Wonopringgo, Pekalongan, pimpinan K.H.Taufiqqurohman
Bertemu dengan beberapa tokoh lintas agama dalam dialog interfaith yang digagas oleh Menteri Sekretaris Negara, Bapak Djohan Effendi.
Melakukan kunjungan ke Pesantren al-Falah Nagreg, Jawa Barat, pimpinan K.H.Qari Ahmad Syahid

April-Mei 2001:
Bersama Syekh Nazim Adil al-Haqqani, mursyid Tarekat Naqsybandi Haqqani melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Indonesia, termasuk bertemu dengan K.H. Taufiqqurohman di Pesantran At-Taufiqy, Pekalongan; Habib Lutfhi bin Yahya di Pekalongan; Kyai Thohir bin Abdul Fatah, Pekalongan; Abah Anom, Mursyid Tarekat Qadiriah wa Naqsybandiyyah, di Pesantren Suryalaya; dan K.H. Qari Ahmad Syahid di Pesantren Al-Falah Nagreg, K.H. Abdullah Gymnastiar di Pesantren Daarut Tauhid Bandung, Dr.Tutty Alawiyyah di Pesantren Asy-Syafi’iyah Jakarta, dan juga bertemu dengan Mensetneg, Bapak Djohan Effendi dan Presiden RI, K.H.Abdurrahman Wahid.

Juli 2001:
Menghadiri ulang tahun Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) pimpinan Dr. Tutty Alawiyyah yang diadakan di Stadion Utama Senayan dan dihadiri pula oleh beberapa ulama internasional, seperti: Syekh Abdurrazak al-Halabi (Suriah), Syekh Bakar al-Samarai (Baghdad, Irak), Syekh Mohammed al-Qabbani (Suriah), para tokoh lintas agama dan 120.000 hadirin anggota BKMT dari seluruh Indonesia.

Januari-Februari 2002:
Bertemu dengan Menteri Agama RI, Bapak Said Agil Husin al-Munawar

Juli 2003:
Menjadi Khatib Salat Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta
Menghadiri pertemuan para ulama di Pesantren Krapyak, Jogjakarta
Bertemu dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X di Jogjakarta
Bertemu dengan Menko Polkam, Susilo Bambang Yudhoyono

Februari 2004:
Mengikuti Zikir Nasional di Masjid Istiqlal bersama Ustadz Arifin Ilham, AA Gym, Wakil Presiden RI, Hamzah Haz, dan Ketua PBNU, K.H.Hasyim Muzadi.
Mengikuti Konferensi Internasional Ulama Islam (International Conference of Islamic Scholars, ICIS) yang diadakan oleh PBNU dan Kementrian Luar Negri RI.
Bertemu dengan Kepala Otorita Batam, Bapak Ismeth Abdullah di Batam dan mencanangkan pembangunan Zawiyah (Pusat Zikir) Naqsybandi di Batam.

Desember 2004:
Menyelenggarakan konferensi internasional para ulama Islam bertema Islam and Civil Society, yang diadakan di Jakarta 21-24 Desember 2004. Konferensi ini adalah sebagai tindak lanjut dari konferensi ICIS sebelumnya, di mana diadakan pembahasan-pembahasan pada topik tertentu secara lebih mendalam. Untuk konferensi ini Syekh Kabbani, sebagai ketua ISCA menggandeng PBNU, ICIS, UIN Syarif Hidayatullah, UIA Asy-Syafiiyah, dan Worde (World Organization for Resource Development and Education).

Juli 2005:
Mengadakan Istighatsa Kubra bersama Rais Am JATAMAN, Habib Luthfi bin Yahya di Masjid Baitul Ihsan, Bank Indonesia.
Mengadakan Zikir bersama walikota Padang, Bapak Fauzi Bahar dan masyarakat Padang di Lapangan Imam Bonjol.

Januari 2006:
Bertemu dengan Presiden RI, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres, Bapak Jusuf Kalla

Agustus 2007:
Mengunjungi Universitas Indonesia dan bertemu dengan Rektor UI, Prof.Dr. Gumilar R. Somantri dan beberapa tokoh Kajian Timur Tengah. Syekh Kabbani memberikan pesan untuk memasukkan pendekatan spiritualitas dalam pengajaran yang diberikan kepada para mahasiswa UI.

Mei-Juni 2009:
Mengadakan serangkaian acara Maulid dan silaturahim dengan para ulama di Jakarta, Pekalongan, Semarang, Solo dan Sukabumi.
Mengadakan Maulid Akbar bertema Indonesia Bersholawat bersama Majelis Nurul Musthofa. Acara ini dihadiri oleh Presiden RI, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, para menteri kabinet, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, para ulama dan habaib serta sekitar 250.000 jemaah yang memenuhi Masjid Istiqlal Jakarta.

Mei 2010:
Mengadakan serangkaian acara Maulid dan silaturahim dengan para ulama, termasuk K.H.Amir Hamzah di Pesantren Daarul Ishlah Jakarta, K.H.Q.Ahmad Syahid di Pesantren al-Falah Nagrek, Bandung; dan Habib Syech Assegaf di Jepara.

Alamat Kantor
Fenton, MI
17195 Silver Parkway, #201
Fenton, MI 48430
Tel: (888) 278-66243
Fax: (810) 222-2885
Email: ishaq@sunnah.org
www.sunnah.org
www.islamicsupremecouncil.org
www.naqshbandi.org
Kontak: Ishaq Bohjelian

Jakarta, Indonesia
Yayasan Haqqani Indonesia
Jl. Teuku Umar 41
Menteng, Jakarta Pusat 10350
Tel dan Fax: (021) 315-3014
Email: alhaqqani@gmail.com
Kontak: Ahmad Rizal Tarigan (0816-965-917)

No comments: